Tanya Jawab Saham, Reksadana, Axa Mandiri, dan Prudential – Waroeng Tegal™


Artikel Terkait :

Dana Pensiun 1dan Invetasi

Dana Pensiun 2dan Invetasi

Obligasi Ritel Indonesia (ORI) 001,002,003,004, dan 005

> aku ingin masuk ke pasar saham ma reksadana, kira2 enaknya ambil apa
> ya? sebenarnya ingin beli adaro yang katanya harganya awal 590 kl
> enggak salah, tapi masih ragu2, sekarang nyesel deh, kalo tau harganya
> lebih dari 1000 berapa gitu yang jelas naik 57% kl enggak salah.
>
> kira2 dana minimal buat inves itu berapa ya? ambil saham apa?

penawaran awal ADARO itu 1200 sekarang harganya kalo gak salah 1680
jadi naik sekitar 50% lebih memang.
Beli saham itu gak gampang, gak kayak beli barang gitu

1. Untuk jual beli saham kita harus punya rekening kustodian di bursa
efek, nah untuk dapet rekening itu kita harus ke perusahaan sekuritas
dulu. a.l. mandiri sekuritas, trimegah, danareksa, dll
2. Register awal itu bervariasi antara 20 – 50 juta tergantung
perusahaan sekuritasnya. Mungkin bisa ditanyain langsung ke perusahaan
sekuritas terdekat.
3. Modalnya cukup besar itu kalo buat aku, dan lebih baik kalo kita
bisa memantau setiap saat, karena setiap detik pun harga saham dapat
berubah2.
4. Kalo mau praktis coba aja ikut e-trading securities, itu sekuritas
online yang kita bisa jual n beli melalui komputer yang online dengan
internet. Jadi kita dapat memantau setiap saat dan setiap waktu.
5. Nah komisi sekuritas itu diambil setiap kita beli dan jual saham

ILUSTRASI :
1. Aku ikut Mandiri Sekuritas, modal awal Rp. 50 Juta
2. Ada Penawaran saham X dengan harga Rp. 1000/lembar
3. Pembelian minimal 1 lot = 500 lembar
4. Aku beli 5 lot = 2500 lembar
5. Jadi aku harus bayar 2500 * 1000 = Rp. 2.500.000,-
6. Ada fee buat sekuritas 0.1%, jadi 0.1% * 2,5 juta = Rp. 2.500
7. Total – Rp. 2.502.500,- memotong modal awal yang Rp. 50 juta
8. Misal 1 bulan kemudian, harga saham = Rp. 6000/lembar
9. Terus kita mau jual, maka keuntungan yang kita dapat = Rp.1000 *
2500 lembar = 2,5 Juta
10. Tapi untuk penjualan juga ada fee juga misal 0.1% lagi
11. Tapi ada kemungkinan untuk harga saham tersebut turun jadi Rp.
500/lembar, jadi kita rugi 2.5 juta

Karena saham ADARO ini termasuk saham energi yaitu batubara, dan
sesuai dengan harganya di pasar internasional yang meingkat siring
kenaikan harga minyak bumi. Maka harganya memang meingkat drastis,
tapi ya terkadang isu kenaikan itu hanya permainan para pialang untuk
mendapatkan keuntungan sesaat.

> terus
> enaknya main jangka panjang atau pendek? aku jg masih pemula hehehe.

Jangka panjang atau jangka pendek itu terserah investor ybs. Kalo saat
ini memang pasar saham sedang jatuh karena krisis di Amerika, sehingga
secara tidak langsung imbasnya pasar saham di Indonesia juga terkena.

Kalo sesuai buku2 yang aku baca, lebih baik kalo investasi di saham
itu Jangka Panjang, apabila kita tidak fokus. Aias masih bekerja di
tempat lain, karena pergerakan harganya liar sekali.
Jangka panjang itu minimal 5 tahun lho, karena sesuai dengan grafik
rata2 setelah 5 tahun memang kecenderungannya naik.

> gimana kalo enggak usah pakai sistim asuransi aja deh, askesku dah
> lumayan ok tuh, jamsostek jg ada.

Sistem asuransi adanya itu pada BANCASSURANCE (Unit Link)
Asuransi+Invetasi
Kalo mau yang cuma investasi ya beli reksadana aja atau maen saham
langsung, atau jenis2 investasi lain seperti post aku sebelumnya
Tapi kalo dengan adanya unit link ini kalo ada apa2 misal meninggal,
maka hasil yang didapatkan ahli waris akan semakin besar. Soalnya kalo
Askes sama Jamsostek kan standar aja. (Karena aku juga di BUMN).

>terus di bank mandiri ada saham apa
> aja yang dijual ke publik?

Bank sesuai dengan PBI (Peraturan Bank Indonesia) tidak diperbolehkan
jual beli saham, karena ada sekuritas berbeda dengan di luar negeri
dimana bank juga boleh sebagai perusahaan investasi.
Cuma kita boleh sebagai PEMASAR bukan PEMBUAT produk reksadana. Ada
banyak seperti :
1. Reksadana Pasar Uang
2. Reksadana Pendapatan Tetap (Berbasis Obligasi)
3. Rekasadan Saham
4. Reksadana Campuran
Kalo rencana IPO (Initial Public Offering) atau Penjualan Saham
Perdana ke pasar silakan baca di Tabloid Bisnis Indonesia atau KONTAN
kalo saham saat ini yang bagus sektor Agriculture dan Pertambangan/Energi

Reksadana tidak membutuhkan banyak modal, seperti Mandiri sendiri saat ini untuk subscription awal (pembelian awal) Rp. 500 Ribu dan selanjutnya minimal Rp. 100 Ribu karena sedang promo.

Beberapa sekuritas atau bank agen penjual reksadana juga banyak yang menjual dengan harga awal kurang dari Rp. 1juta

> sementara seperti itu dulu deh, btw aku lihat saham2 di amerika dan
> eropa sekarang sedang rontok, ginana saham fortis, scolder atau yang
> yang lain ya?

Saham di luar emang lagi krisis karena subprime mortgage di AS (Kredit
Perumahan 2nd liner yang bermasalah) banyak lembaga keuangan yang
pegang surat utang ini kemudian drop, termasuk CITI, LEHMAN, WACHOVIA,
dll.
Saham FORTIS aku kurang tau, kalo SCOLDER aku baru denger taunya
SCHRODER itu merupakan lembaga kuangan di dunia yang ikut merugi
karena krisis Subprime Mortgage. Setauku kita nggak bisa beli saham
tsb. kecuali sekuritas yang kita ikuti itu online

>> Lebih untung mana Axa Mandiri atau Prudential?

Keduanya adalah perusahaan yang saat ini gencar menawarkan produk bancassurance yaitu produk yang menggabungkan antara produk investasi dan asuransi. Produk ini ada di Indonesia mulai awal tahun 1990an melalui produk Bank Lippo yaitu Lippo life yang dikenal dengan warisan, baru diikuti oleh lembaga keuangan yang lain.

Produk bancassurance mulai marak karena saat ini orang-orang memilih untuk tidak hanya membeli asuransi tetapi juga sekaligus berinvestasi, dibandingkan dengan asuransi konvensional produk bancassurance ini memberikan imbal balik yang lebih menarik.

Seperti telah dijelaskan di atas, inti dari produk bancassurance adalah kita melakukan penyetoran tiap bulan ke perusahaan yang kita pilih dengan uang hasil penyetoran itu akan dibelikan unit penyertaan yang nilainya berubah-ubah setiap waktu. Sebagian dari setoran kita untuk premi asuransi sedangkan sebagian lagi untuk investasi sesuai dengan jenis investasi apa yang kita plih misal saham, pasar uang, dll.

Baik Axa Mandiri maupun Prudential keduanya merupakan lembaga besar, jadi dapat dipercaya apabila Anda tertarik untuk menginvestasikan uang anda. Sedangkan untuk kinerjanya tentu tergantung jenis produk yang Anda pilih dan komposisi di dalamnya berapa bagian untuk asuransi dan berapa bagian untuk investasi.

1. AXA Mandiri

AXA Mandiri merupakan perusahaan patungan bentukan Axa Financial Services dan Bank Mandiri. Produk Axa Mandiri dijual oleh Financial Advisor (FA) yang biasanya ada di setiap kantor cabang Bank Mandiri. Produknya antara lain :

- MandiriRencana Profesional

- Mandiri Rencana Keluarga

- Mandiri Rencana Pendidikan

- Mandiri Investasi Sejahtera

- dll.

2. Prudential

Prudential ada di beberapa negara di dunia, saat ini Prudential sendiri menawarkan produk baik asuransi murni maupun bancassurance. Produk-produk yang dimiliki antara lain :

About these ads

About yudhisti

Treasury Dealer - One of The Biggest Bank in Indonesia

Posted on 5 Agustus 2008, in Keuangan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 112 Komentar.

  1. mas, salam kenal ya..

    langsung aja ya..tgl 1 feb sy ikut Investasi+asuransi di axa mandiri dan sudah setor uang 1.050.000,-/3 bln …tapi sy krg sasaran karena diperusahaan sy bekerja ada jaminan kesehatan. maka sy memutuskan menemui FA utk merubah lebih fokus ke investasi…sy di suruh isi quisioner dan hasilnya sy ditawarkan ke RD progressive 60% dan active money 40% .
    yg sy ingin tanyakan :
    1. maksimalkah hasil investai sy selama 3 tahun..?
    2. masih tetap adakah unsur asuransi di dlmnya..?

    1. Mengenai maksimal atau tidak, hal itu berbeda tiap orang. Ada yang setelah 3 tahun bertambah sampai 50% tp tetap merasa kurang. Ada baiknya anda menanyakan ke FA anda untuk tahu berapa besar nilai investasi anda setelah 3 tahun dibandingkan dengan total uang yang telah diinvestasikan.
    2. Setahu saya Axa Mandiri produknya adalah Unit-link jadi tidak full asuransi dan tidak full investasi, jadi tentunya masih memiliki asuransi. Walau saat ini ada produk Axa-Mandiri yang full asuransi.
    Detailnya juga bisa ditanyakan ke FA anda apakah hanya apabila meninggal (maaf) ataukah masih ada apabila rawat inap

    thanks bgt ya sblmnya

    terima kasih kembali

  2. Dear Mas, salam kenal ….

    salam kenal juga

    Mas saya member dari axa mandiri, ada beberapa pertanyaan yang masih belum mengerti pada saat awal saya gabung, mohon bantuaan pencerahannya :
    1. apakah saya bisa berhenti jika saya tdk punya dana untuk setor dan kemudian apakah dana yang saya sdh setor untuk premi dapat kembali. seperti tabungan dapat diambil kalau asuransi apakah dapat diambil juga.

    berhenti tentu saja bisa, tapi tidak seperti tabungan.
    karena seperti telah saya terangkan sebelumnya axa mandiri kan ada bagian untuk pembayaran premi asuransi yang tentunya seperti pembayaran asuransi lainnya tentu hangus karena kita kan membeli perlindungan dari kecelakaan/meninggal. Hasil yang kembali adalah sebagian investasi plus pengembangannya. Bisa ditanyakan ke FA tempat pertama ikut

    2. berapa lama saya harus terus bayar preminnya, atau misalkan saya sudah 5 thn berjalan dengan premi 500rb. apakah dana pokok asuransinya dapat saya ambil? anggap saja dana investasinya saya hiraukan.

    uhm… berapa lama bayar premi tergantung produk yang anda beli, saya sendiri kurang tahu perhitungan pastinya. Yang pasti dana premi asuransi tidak dapat kembali karena kan kita bayar premi asuransi untuk perlindungan bukan investasi. Justru kalau anda tidak mau memperpanjang maka yang kembali ya dana investasinya (plus pengembangan kalau ada) seerti yang telah saya ilustrasikan

    Mohon pencerahannya mas, karena saya hanya ikut saja krn rasa baik buat saya….

  3. Saya tertarik ikutan reksadana. Tolong bantu, alamat mandiri mana saja yang jual reksadana? Saya mau cari yang deket-deket dengan kantor saya yang di Kebon Jeruk nih…

    kalau di daerah kebon jeruk ada bank mandiri kebon jeruk yang menjadi agen penjual reksadana. Setahu saya asal bank mandiri lumayan besar bisa kok jual RD

  4. Dear Mas Yudhisti, salam kenal ya…
    Saya baru saja menginvstasikan uang 50jt di axa mandiri yg bersifat dynamic dgn jangka waktu 3 th. Polis blm saya terima.
    Pertanyaannya:
    1. Apakah uang tsb bisa saya tarik kembali mengingat komentar -komentar negatif yg saya temukan di beberapa artikel di internet mengenai axa-mandiri ini trs akankah saya terkena potongan?

    yang dapat ditarik adalah porsi investasi, sedangkan untuk porsi asuransinya tidak dapat ditarik (hangus) sama seperti pembayaran premi polis asuransi produk asuransi lainnya

    2. Menurut Mas sebaiknya saya lanjutkan atau saya tarik uang tersebut ya berkenaan dengan komentar miring tsb mengingat sbenarnya saya menginginkan dana saya bisa diinvestasikan..

    melanjutkan atau tidak sepenuhnya menjadi hak anda, kalau anda menemukan alternatif investasi lain yang lebih menguntungkan kenapa tidak.

    Terima kasih & salam

    • cuahaeruddinhr@ymail.com

      kok polisnya belum ada..??? sedikit masukan dari saya, perlu kita pahami bahwa disini ada sedikit perbedaan antara axa mandiri dengan axa financial agensi. axa mandiri adalah 2 perusahaan yg saling bekerjasama antara axa dan bank mandiri jadi ketika kita menabung/invest disini maka keuntungan terbagi 3 ke axa, ke mandiri, dan kenasabah sedangkan klo menabung ke axa financial keuntungannya di bagi dua ke axa dan kenasabah. jdi kesimpulannya lebih menguntungkan klo menabung di axa financial karna berdiri sendiri + pengurusannya lebih mudah. klo ada yg berminat silahkan hubngi kami ( agen AXA ) yg ada di kota anda. plus penjelasan yang lebih mendetail..

      polis apanya yang belum ada maksud anda?
      Memang berbeda, dimana AXA merupakan suatu institusi finansial yang sudah dikenal secara internasional seperti AIA, Prudential, Alianz, dll.
      Di Indonesia Axa selain berdiri sendiri juga bekerja sama dengan Bank Mandiri untuk menjual Produk Axa Mandiri.
      Kalau untuk masalah untung mana saya sendiri tidak menyarankan ke Axa Mandiri atau ke Axa Financial atau ke Prudential (perusahaan/produk manapun) karena saya sifatnya netral. Tidak menjamin juga bahwa kita sama2 menaruh 5 juta ke perusahaan A dan produk A pasti lebih besar keuntungan dibanding perusahaan B produk B. Pilih saja perusahaan dan produk yang menurut anda track recordnya bagus dan proteksi dibandingkan dengan premi sesuai dengan keinginan anda.
      Silakan mungkin kalau ada yang berminat bisa hubungi penanya langsung, tapi lebih bagus menrutu saya jika bisa bertemu langsung.

  5. salam kenal mas,,blognya sangat2 menyenangkan skali
    saya mau tanya,,umur saya 24 tahun
    bbrapa waktu lalu saya ditawari untuk ikut Mandiri Rencana Sejahtera (AXA MAndiri) dengan pilihan investasi 6 juta – 36 juta per tahun
    setidaknya saya ingin tahu hal2 mnimal apa saja yg perlu saya ketahui sebelum saya memutuskan untuk ikut / tidak investasi jenis bancassurance ini
    kalau dari mas sendiri bgaimana, akan ikut atau tidak,,saya tunggu balasannya mas
    terima kasih
    terimakasih juga sdah bkin blog yang bagus gini.. :D

    Terima kasih

    terima kasih, hanya ingin berbagi saja. Saat ini saya juga mengikuti axa mandiri sebagai diversifikasi risiko dalam berinvestasi saja.
    hal-hal yang harus dipastikan :
    1. Tipe axa mandiri seperti apa yang anda ikuti (ada beberapa tipe seperti pembayaran tahunan atau bulanan)
    2. Berapa persentase untuk investasi dan berapa untuk asuransi
    3. Porsi untuk investasi masuk ke progressive, dynamic ataukah secure
    4. Jika terjadi sesuatu pihak axa mandiri akan menanggung seberapa besar (biaya rs, penginapan, obat, bahkan apabila meninggal dunia)
    5. Kira-kira jika berhenti sewaktu2 (misal setelah 3 tahun) berapa besar investasi yang kembali
    Demikian semoga membantu

    • kalau mengenai jenis pembayaran sebenarnya tahunan mas, namun bisa dilakukan pembayaran juga per bulan, per 3 bulan, per 4 bulan, maupun per 6 bulan.
      mengenai prosentase asuransi dan investasi masih belum ada penjelasan, begitu juga mengenai porsi untuk masuk kategori progressive maupun dynamic dll
      lalu yang ingin saya tanyakan lagi apakah nilai bunga yang saya dapat langsung terdebet ke rek. saya biasanya tnpa proses klaim terlebih dulu mas? mengingat prosesnya seperti menabung biasa namun dengan bungan sekitar pa 14 % per tahun
      maaf mas banyak nanya, terima kasih atas jawabannya

      kalau belum ada penjelasan, lebih baik ditanyakan ke FA tersebut sampai benar2 jelas. Jangan seperti membeli kucing dalam karung.
      Saya agak kurang jelas dengan pengertian bunga langsung terdebet ke rek. Yang namanya bunga itu terkredit (menambah rekening), sedangkan kalo angsuran baru terdebet (memotong rekening)
      Pada produk ini tidak ada yang namanya bunga (apalagi sampai 14%pa), biasanya yang ada adalah produk ini secara history memberikan imbalan setara bunga 14%pa tahun sebelumnya. Tapi hal ini tidak menjamin ke depan pasti mendapatkan bunga 14%pa.
      Nilai investasi tsb tidak akan direditkan (menambah rekening tabungan) tapi menambah nilai investasi di unit-linked yang anda miliki

  6. maaf bos…saya mo nanya, saya sekarang berusia 29 Tahun, Pekerjaan PNS, kemaren saya ditawarin ikut Asuransi Axa Mandiri, tapi belum saya tanggapi, karena saya belum mengerti dengan sistim asuransi, maka saya menanyakan sama bos……Mohon petnjuknya…..Thanks

    petunjuk dalam hal apa? mohon diperjelas
    kalau dari segi berapa angsuran tiap bulan/tahun itu disesuaikan saja dengan kebutuhan anda

  7. Halo Mas.
    Saya tertarik dgn ulasan yg anda buat.
    Saya telah ikut AXA 65 Bulan. Perbulan debet Rp 300,001. Sekarang nilai Polis saya per Mei 2010 sebesar Rp 25jt ++. Misal kalo ini saya tutup apa kira-kira saya bisa tarik semua 25jt++ atau dipotong ? Sebenarnya Nilai Polis (Saldo) itu posisi Dana yg siap dicairkan atau masih dipotong lagi ?

    bisa dicairkan semua (karena itu adalah nilai investasi anda)

    Kemudian kalo Misal saya ganti Polis tersebut menjadi Istri saya (Soalnya saya Punya 2 beda Perusahaan), apakah harus saya tutup dulu baru Buka baru atau langsung bisa diganti ?

    Setahu saya pergantian polis tidak bisa, jadi memang harus ditutup buka baru, tapi dapat dipastikan dengan FA anda saja

    Terima Kasih

  8. Dear Mas Yudis.

    Kalau kita mencairkan Dana dari Unit Link (AXA Mandiri) misal pada tahun ke 5 apakah nantinya dipotong Pajak atau utuh ?

    Makasih

    Unit link setahu saya tidak terkena pajak, karena nilai investasi sudah termasuk pajak. Cuma untuk kejelasannya dapat dikonfirmasi pada FA di cabang Mandiri terdekat

  9. Dear Mas Yudis.

    Saya telah ikut AXA Mandiri selama 65 Bulan. Perbulan debet Rp 300.001. Per Mei 2011 Nilai Polis saya Rp 25jt++. Pertanyaan saya :

    1. Kalau kita mencairkan Dana dari Unit Link (AXA Mandiri) misal pada tahun ke 5 apakah nantinya dipotong Pajak atau utuh 25jt ++?

    2. Saya punya 2 Asuransi Jiwa (AXA dan Manulife). Misal yg AXA saya berikan ke Istri saya, Apakah Nama Polis di AXA bisa langsung digantikan Istri saya, atau Harus saya tutup dulu kemudian buka Baru. Makasih

    pertanyaan Bapak telah saya jawab pada pertanyaan sebelumnya. Terima kasih

  10. Dear Mas Yudhisti,

    Mohon masukannya ya, Umur saya 22 tahun saat ini saya memiliki tabungan sebesar 200 juta. saya tertarik untuk menginvestasikan seluruh uang saya di axa mandiri rencana sejahtera dengan potongan rp 2juta/bulan. Menurut mas Yudhisti gimana ya apakah cukup aman?

    kalau masalah aman atau tidak, sepengetahuan saya aman2 saja. Namun apakah pasti akan kembali lebih besar dibanding pokok awal, hal itu yang saya tidak jamin

    saat ini sendiri saya juga sudah mengikuti program unit link prudential dengan potongan rp 1juta perbulan. apakah menurut mas yudhisti ini merupakan bentuk investasi yang berlebihan dengan saya mengikuti 2 unit link sekaligus?

    apabila yang namanya investasi, tidak ada kata terlalu besar. Namun, tetap harus sesuai dengan kemampuan. Tidak baik apabila kita memburu investasi sampai >70% pendapatan per bulan, namun sehari-hari kita luar biasa ngirit.

    sebelumnya saya juga sudah pernah membeli ori namun menurut saya bungannya tidak terlalu besar. mohon petunjuknya ya mas kira2 bentuk investasi apa yang sebaiknya saya ambil untuk modal 200juta saya.

    tergantung tingkat resiko anda, (high return pasti high risk)
    banyak investasi lain seperti tanah, emas, saham, reksadana, dll. Namun pastikan anda juga cukup tahu risiko kerugian yang mungkin terjadi ke depannya

    Jika bisa mohon di balas langsung ke email pribadi saya.

    Thanks and regards
    Richard

  11. mau nanya mas, saya ikut AXA Mandiri baru2 ini bln agustus 2011 saya investasikan 20 jt, premi per bln 3 ratus ribu. rencana saya akan menggunakan dana 19 jt dekat2 ini apa tidak jadi masalah dengan investasinya, mohon bantuannya mas makasih…

    20 Juta itu apakah di awal masuk 20 Juta, atau pertanggungan asuransi sampai 20 Juta.
    Kalau anda awal sudah masuk 20 Juta, sedang 19 Juta akan keluar dalam waktu dekat saya rasa kurang bijak. Karena Unit Link bukan untuk jangka pendek.
    Kalau memang mau jangka pendek (1 bulan) sebaiknya tetap masuk ke deposito atau tabungan biasa

  12. mau nanya mas, saya sudah ikut mandiri rencana sejahtera 1 bulan yg lalu (ada asuransi dan investasi), kemudian hari ini di kantor saya ditawarkan lg mandiri investasi sejahtera (yg asuransinya hanya jiwa saja, tetapi nilai investasi lebih besar), menurut mas apakah aman apabila dana saya, saya investasikan pada mandiri investasi sejahtera tersebut, mengingat ekonomi dunia yang sedang labil. tks

    kalau masalah aman dari segi penerbit, saya rasa axa mandiri cukup memiliki nama. Namun kalau dijamin lps seperti pada bank tentunya tidak. Karena produk unit link tidak dijamin seperti tab atau deposito, sehingga ada kemungkinan apabila suatu saat underlying investasi anjlok maka total investasi anda akan berkurang juga.
    Seperti saat ini, saat saham jatuh dibanding 1 bulan yang lalu. Jika anda membeli unit link satu bukan yll dibandingkan skrg tentu nilainya akan lebih kecil.

    • mas, skrg kan harga unit sedang rendah, apabila saya top up sekarang ini, apakah akan menguntungkan saya nanti kedepannya? krn mgkn siapa tau nanti nilai unit akan naik?.. tks ya mas atas penjelasannya :)

      saya sendiri kemarin membeli reksadana tambahan kemarin. Namun, kembali kalau rendah atau tidak memang tidak ada jaminan bahwa akan lebih rendah lagi atau tidak.
      Jika anda berpikiran jangka panjang misal minimal 1 tahun, saya sendiri yakin bahwa akan dapat naik lagi, mengingat ihsg sendiri sempat di atas 4000, dan sekarang berada di bawah itu. Jadi minimal saya berharap dapat kembali ke atas 4000 sudah cukup memberi untung

  13. salam sejahtera,,
    Mas saya mau bertanya, saya ikut AXA mandiri MRS bulan july 2011 dengan premi per semester sebesar Rp.3.000.000, dan saya sudah membayar sebesar Rp.3jt . saya ragu untuk meneruskan axa mandiri saya, dan apabila saya berhenti skrg kira-kira berapa sisa uang yang saya dapat.
    Terima kasih sebelum dan sesudahnya,,

    Tergantung berapa besar porsi premi asuransi anda dan berapa besar porsi untuk investasi. Karena porsi premi kan hangus (karena anda membeli proteksi).
    Misal anda mengikuti 50% asuransi 50 % investasi, maka sisa adalah 1,5 Juta dan tergantung apakah investasi anda berkembang atau tidak. Bisa saja kan misal anda masuk saham dan saat itu pasar saham turun sehingga nilai invest anda berkurang

  14. Halo mas..salam kenal..
    saya tertarik dengan penjelasan mas yudhisti..
    saya ikut axa mandiri dengan premi 500.000 perbulan jenis transaksi DMRP (Dynamic Money Rupiah). Pernyataan transaksi hingga posisi juli 2011 : Total unit : 2.812,1282, Harga/unit : 740,7485, jmlh rupiah : 2.083.079,74. yang saya mau tanyakan :
    1. DMRP itu apa ya? apakh lebih besar investasi drpd asuransi atau sebaliknya?

    Dynamic itu hanya istilah, tapi dapat dikatakan bahwa porsi investasi sebagian di saham sebagian lagi di pasar uang. Bukan porsi investasi dan asuransinya

    2. Bagaimana cara membaca pernyataan transaksi diatas posisi juli 2011.

    silakan baca NAB (Nilai Aktiva Bersih) di koran atau tanyakan ke Financial Advisor dan kalikan jumlah unit anda. Maka anda akan mendapatkan total investasi

    3. mana yang lebih menguntungkan antara Axa Mandiri atau prudential dengan premi yang sama tiap bulan?

    Wah kalau saya bilang mana lebih menguntungkan tidak bisa juga, karena menyangkut merk suatu produk. Tapi kalau anda mau membandingkan silakan dilihat di koran imbal hasil (yield) dibandingkan baik 30 hari terakhir, maupun 1 tahun terakhir

    Maaf ya mas banyak nanya. krn waktu ikut axa mandiri gk terlalu ngerti penjelasannya. mohon pencerahannya ya mas..
    makasih sebelumnya.

    semoga jawaban saya membantu

  15. mas tolong tanya ini:
    saya ikut axa mandiri uda 3 tahun, bayarnya pertahun 10juta.
    jadi setoran saya uda 30juta.
    yang saya mau tanyakan berapa nilai uang saya jika saat ini jika mau ditutup polis ku.?
    thanks

    wah harus tanya ke Financial Advisor nya langsung (tempat anda membuka) saya tidak berhubungan langsung dengan Axa jadi tidak punya data dan berwenang menjawab.
    Seharusnya bisa melalui telepon atau ke cabang Mandiri terdekat saja

  16. Mas, saya mau nanya :
    1. Kalau membandingkan reksadana Schroeder Dana Prestasi Plus, Schroeder Dana Istimewa, dengan Unit link Dynamic Money Rupiah, Excellent Equity Rupiah, kira-kira mana yang menghasilkan return paling bagus ke depannya ?

    Bisa dilihat di koran bisnis dan bandingkan kinerja 30 har terakhir serta 1 tahun terakhir. Maaf saya tidak bisa condong ke salah satu produk

    2. Dengan fund size yang besar seperti reksadana SDPP apakah lebih save karena dengan dana besar MI bisa men-drive pasar saham ?

    reksadana tidak ada yang save karena kalau memang market saham turun, tentun harga NAB reksadana akan turun juga. Walau fund sizenya sangat besar

    3. Kalau sebagian dana yg ada dimainkan saham langsung, apakah dengan disiplin menggunakan TA seperti Slow Stoch bisa sukses, dan tidak harus memantau pergerakan saham tiap hari ?

    slow stoch maksudnya stochastic ya?
    saya sendiri tidak yakin kalau tidak memantau bisa pasti untung walaupun sedisiplin apapun. Karena semua teknikal hanya alat, misal dari alat teknikal pasti untung, tentunya banyak trader yang sudah menggunakannya dan jadi kaya. Jadi tetap harus melihat pergerakan saham

  17. Mau nanya m, saya ikut axa mandiri yg progresif mulai okt 2009 dg premi 4,904 jt pertaun. Dan ini saya sudah 3x bayar premi. Waktu awal ikut da bilang 5 th ma FA-nya. Di tengah2 ikut, saya invest 10 jt. Nah pertanyaan saya:
    1. Kok ditulis di polis sampe usia 100 th? Lamanyooo.. Tapi bisa kan diambil setelah 5 tahun/ 2014? Kira2 kadaan uang sy gimana, katakanlah 5x 4,9jt dtambah yg invest 10 jt? Bisa nambah ato kurang?

    maksudnya kalau misal usia anda sampe 100 tahun (tidak pernah ada klaim) atau diambil sebagian investasi, dengan perkiraan per tahunnya mendapatkan … % maka total investasi yang didapat sebesar ….
    Hanya ilustrasi kalo2 anda hidup sampe 100 tahun diambil extrim
    Baru satu tahun diambil juga bisa kok ga harus nunggu 5 tahun.
    Bisa nambah juga bisa kurang setelah 5 tahun

    2. Kemarin saya coba tanya jumlah uang saya semuanya, 4,9×3 tahun dtambah 10 jt.. Kok dibilang jumlahnya skitar 14 juta doank.. Saya buka polis lagi, dsana disebutin biaya atas premi tahun 1, 80%; tahun kedua 60%. Tahun ketiga 30%.. Dan sempet saya tanyakan beberapa bulan lalu, kalo g salah untuk tahun pertama memang komposisi premi asuransi lebih gede dari invest,, kalau g salah kaya tadi premi asuransi 80 persen, 20 persen invest, tahun kedua 60 persen asuransi 40 persen invest.. Dst sampai taun kelima. Apakah jumlah uang saya ini berkaitan dg cuman sebagian kecil aja dana buat invest pada taun2 pertama?

    Contoh Ilustrasi gini (itungan % bisa ga sama):
    Tahun 1 : 4,9 Juta (80% asuransi : 4 Juta, 20% investasi : 0,9 Juta) saya pake itungan gampangan saja
    Tahun 2 : 4,9 Juta (60% asuransi :3 Juta, 40 % investasi : 1,9 Juta)
    ada investasi tengah2 10 Juta (50% asuransi : 5 Juta, investasi : 5 Juta)
    Tahun 3 : 4,9 Juta (40% asuransi : 1,9 juta, 60% investasi : 3 Juta)
    Jadi sekarang total investasi : 12,8 Juta + hasil investasi 1,2 Juta = 14 Juta
    total asuransi : 13,9 Juta (hangus) karena untuk membayar premi perlindungan.
    Jadi setelah tahun kelima kalo hasil investasinya ga terlalu bagus ya bisa < 4,9 juta * 5 tahun
    Benar jumalh uang lebih kecil karena ada premi dibayarkan di awal.

    3. Dari pertanyaan ke-2, apakah stelah 5 tahun, premi yg saya da bayarin bisa balik 100persen x5tahun ke saya atau cuma 20 persen di tahun pertama, 40 persen di tahun kedua, 70 persen di tahun ketigaa dst?

    belum tentu sesuai ilustrasi di atas, bisa iya bisa tidak.

    4. Menurut m neh.. Kalau premi yg da dibayarkan, slain invest ya, rupiah preminya gabisa balik, jangka 3 tahun atau tahun depan saya tarik semua gimana?,

    untuk tarik atau tidak semua keputusan ada di tangan anda. Kalau premi pasti tidak bisa ditarik. Karena premi kan ibaratnya kita beli perlindungan apabila terjadi sesuatu dengan kita. Beda dengan misal kita inves di deposito yang kalo ditarik utuh karena kan tidak ada manfaat perlindungan apapun yang bisa diperoleh

    Mohon dijawab y m.. Soalnya waktu sy ikut awal, ga penah dibilang berapa rupiah premi berapa rupiah invest.. N pjelasan FA nya masih bikin ga mudeng:D trimakasih..

  18. mas aku bener2 newbie soal ginian,….aku nih baru terima warisan dan ane sekarang nih nganggur,..bingung sekali mana istri lagi hamil. Nah uang warisan itu nilainya 150,…aku bingung mau masukin ke reksa dana ato unit link,….soalnya banyak yang bilang kalo butuh buat hidup lebih baik jangan invest di asuransi…nah kalo aku masukin ke reksa dana apa risikonya?

    Mohon dijawab yah mas via email lebih baik, ericcom**@yahoo.co.id

    kalau mau aman dan lebih cocok bagi anda sih menurut saya mending buat modal usaha, apakah toko kelontong atau yang lain misal lebih cocok untuk anda. Apalagi status anda yang sedang menganggur.
    Investasi di reksadana atau unitlink sebaiknya adalah uang dingin, yaitu uang yang tidak sewaktu2 butuh ditarik. Karena misal harga sedang turun sedangkan anda butuh kan mau tidak mau terpaksa ditarik sehingga bisa saja anda rugi.
    Resiko kalau investasi di reksadana/unit link tentunya pokok bisa berkurang

  19. Pagi mas yud…keren nih blog..dr awal ampe akhir ga bosan baca tanya jawabnya..begini nih mas..ada yg mo saya tanyakan…
    saya punya rencana mo investasi ke prudential (info dr agennya sih bunganya cukup lumayan), drpd saya deposito di bank yg bunganya kecil.
    menurut mas yudhi .., kira2 jangka waktu berapa lama saya harus mengambil investasi tsb..? sebelumnya saya dan keluarga sudah masuk dalam asuransi di prudential tsb (prulink assurance account). Rencananya saya mo invest 100 jt, tp kalo memang menguntungkan ada rencana mau top up..dengan cara gali lubang tutup lubang mas.. :) dan apakah memang bunga di prudential tsb tinggi..? dibanding kan dengan bunga deposito bank..? dan apa resikonya mas ..? ditunggu penjelasannya mas yud…terima kasih…

    terima kasih, alhamdulillah kalo membantu
    untuk di asuransi, sebenernya tidak ada istilah bunga istilah tersebut sebenernya dipakai untuk mempermudah pengertian saja. Karena sebetulnya yang didapatkan adalah pengembangan investasi.
    Perbedaannya kalau bunga kan pasti dapat sesuai perjanjian awal dan pokok terproteksi. Misal, anda deposito 100 juta bunga 7% pa. maka anda akan mendapatkan bunga 7% * 100 juta /12 (*80% karena 20% pajak) per bulannya. Serta pokok 100 juta pasti akan kembali.
    Kalau di unit link maupun reksadana, pokok tidak pernah dijamin tapi memang imbal hasil dari investasinya bisa lebih tinggi dari bunga deposito.
    Bisa disini tidak pasti, jadi ada kemungkinan malah hasil investasi anda berkurang.

    Uhm, dengan keadaan sekarang dimana pasar uang bunga juga rendah kemudian pasar saham sangat berfluktuatif saya kurang menyarankan untuk gali lubang tutup lubang di unit link manapun.
    Kecuali apabila sales prudential bisa jamin bahwa imbal hasil dari investasi anda minimal dalam setahun PASTi lebih tinggi dari bunga deposito skrg

  20. Assalamualaikum.., salam kenal mas yudhi.
    Blognya bagus dan informatif, jd bnyk tau info nih mengenai asuransi khususny di axa mandiri.
    saya jg nasabah bank mandiri dan baru buka salah satu programny axa mandiri utk pendidikan anak., setelah mendaftar saya malah diarahin utk ambil Mandiri Rencana Sejahtera dan saya iyakan. (per bln 500rb).
    1.apa sdh benar lgkah sy mengiyakan program tsb diatas, krn awalnya kan sy mo yg utk pendidikan saja? krn program MRS ada istilah asuransi+investasi (saya awam mengenai ini).
    2.terlalu besar kah 500rb/bln utk MRS ini? (krn ketidak tahuan saya dan resiko nantinya)
    3.apa bs nantinya digunakan/diambil sesuai kbutuhan?(misal 5thn ank msk TK, 7thn ank msk SD, SMP, SMU trs Kuliah).
    Mohon penjelasannya yah mas, krn wktu buka awal sy krang paham bhs yg digunakan olh fa dan padatnya antrian dibank tsb wktu itu.
    terimakasih.
    wassalam..

    Waalaikum salam wr wb, salam kenal juga
    1. Mohon maaf saya tidak bisa membenarkan atau menyalahkan, tetapi disesuaikan dengan berapa lama rencana periode investasi anda. Apabila jangka waktu kurang dari 5 tahun. Saya lebih menyarankan Mandiri tabungan rencana atau deposito.
    Kelebihan produk ini adalah adanya gabungan antara investasi dan asuransi, sehingga apabila terjadi sesuatu dengan anda maka akan ada pertanggungan asuransi yang akan dibayarkan.
    2. Tidak ada yang terlalu besar, karena ada rekan saya yang 1 juta per bulan bahkan lebih. Tapi seimbangkan dengan pendapatan/pengeluaran anda, jika memang 500 ribu itu selalu ada dapat disisihkan dari pendapatan maka tidak ada masalah.
    3. Bisa saja diambil sesuai kebutuhan, karena memang tujuannya untuk itu. Tapi nilainya sesuai hasil pengembangan investasinya.
    Smoga bermanfaat

  21. Salam kenal mas yudhi, blog yg bagus dan informatif. thnks.
    salam,agung
    maaf ada yg lupa, tlg Cc in balasannya ke email saya juga ya mas.. thanks.

    sudah ya

  22. salam kenal , saya gersy baru baru ini saya ikut AXA MANDIRI terus penyetorannya saya pilih 3 bulan satu kali. dan baru dua kali menyetor dalam arti baru 6 bulan saya mengikuti program axa mandiri. yg ingin saya tanyakan apa saya sudah boleh berhenti ? kalo bleh gimana caranya !!! dan apakah uang saya akan dikembalikan ??? mohon jawabannya di email saya ajach !!! trmkash.

    kalau mau berhenti boleh kapan saja, tapi tentu nilai investasi yang didapatkan belum tentu sama dengan angsuran selama 2 x tersebut.

  23. salam kenal mas yudi,
    saya baru gabung d axa mandiri asuransi + investasi dgn potongan 500rb perbulan, kemarin2 saya dtelpn dari pihak axa mandiri yg menawarkan tambahan buat asuransi sebesar 200rbuan *saya lupa, dengan jaminan kl kita rawat inap uang klaim yg d dapat lebih besar sekitar 1 jt perhari dan uang transpot 1jt.
    1. apa bedanya kl kita tidak ikut asuransi tambahan itu, apa klaim kita kl rawat inap tidak cair semua sesuai yg kita keluarkan d RS?
    2. brpa uang klaim maksiamal perhari jika saya drawat d RS?
    3. apakah uang yg kita setor perbulan itu dapat diambil sebelum 5 thn? apakah bertambah atw berkurang?

    thanks b4..

    1. Bedanya klaim rawat inap lebih kecil (sesuai pernyataan di atas beda 1 juta), memang tidak semua tapi kan ada batasnya
    misal kalo ditanggung cuma 1 juta/hari, ternyata habis 2 juta ya sisanya bayar sendiri
    2. Kalau ini tergantung perjanjian di awal beda2, silakan langsung ditanya ke FA tempat anda pertama ikut
    3. uang yang disetor belum tentu semua bisa ditarik, karena sebagian kan buat asuransi tentu hangus. Yang kembali adalah sebagian lagi yang untuk investasi plus pengembangannya apabila ada

  24. Salam kenal, saya mau bertanya sdah hampir 3 tahun saya mengikuti polis Axa mandiri inves + asuransi,yg ingin ditanyakan
    1. apakah apabila ditahun kelima saya cuti premi berarti saya masih membayar angsuran yg tiap bulan dari rekening mandiri saya atau tdk? dan hanya mengembangkan uang yg ada di polis saja?
    2.dan apakah ansuransi tadi bisa diclaim setelah 5 tahun berjalan kalau tdak ada kasus apa apa? karna dana investasinya di cairkan?
    3.saya ingin bertanya pada waktu axa inves+ansurasi berjalan ditahun kedua saya ditawarkan lewat telphone asuransi keluarga dan sudah berjalan sekitar 2 tahun tp kok tdk ada laporan rekening korannya, dan kemana saya harus bertanya?

    Semoga bisa membantu :
    1. Setahu saya setelah 5 tahun, sudah tidak membayar premi lagi. Jadi full masuk ke dalam investasi sehingga kalau anda cuti angsuran, pengembangan investasi memang berdasar pada porsi investasi yang selama ini dilakukan saja.
    2. yang dicairkan setelah 5 tahun adalah investasi anda bukan asuransinya. karena porsi asuransi hangus untuk membayar proteksi dari premi yang dilakukan walau tidak ada kasus (klaim)
    3. yang menawari anda apakah dari kartu kredit ataukah dari telemarketer axa. Apabila hanya perlindungan asuransi maka memang tidak ada rekening koran atau pengembangan investasi. Dimana premi yang dibayarkan melalui autodebet atau kartu kredit langsung hangus untuk pertanggungan.

  25. Yth, Axa Mandiri
    Saya dan istri sudah enam tahun jadi peserta asuransi axa mandiri ini. Yang mau saya tanyakan, adalah:
    1.Katanya dulu sama kita, setelah lima tahun pertambahan nilai investasi kita cukup siknifikan kenaikanya, nyatanya tahun 2010 & 2011 ini saya justru merugi dari nilai investasi tahun sebelumnya, atau boleh dibilang 2 tahun ini konstan, bunga pesentase tahunanpun tak dapat, atau sisa hasil usahapun kita tak dapat. AXA sendiri yang untung melejit, kita nasabah sapi perahanya.
    2.Misalnya jika harga unit harian dari Progresif Money Rp.500 lembar, kemudian saya menutup asuransi saya pada hari itu, berapakah harga perlembar saham di hitung ke saya.

    maaf saya bukan orang axa mandiri dan tidak terkait, sama dengan anda hanya yang menggunakan produk dari axa mandiri saja. Kalau mau jawaban pasti silakan ditanyakan ke tempat anda membuka dulu, tapi saya coba bantu jawab berdasar pengalaman saya.
    1. Setahu saya dalam 5 tahun awal, sebagian investasi adalah untuk premi asuransi. Sehingga hasil pengembangan sebagian investasi dalam 5 tahun akan dianggap sama dengan total investasi yang dikeluarkan sebagaimana ilustrasi di pertanyaan lain di atas.
    2. Misal anda investasi 1 juta dan harga penutupan pada hari itu adalah 500, maka unit penyertaan adalah 1 juta/500 = 2.000. Tapi kan ada sebagian investasi yang masuk ke dalam asuransi, jadi misal 1 juta investasi. bisa jadi 700 ribu untuk asuransi dan 300 ribu untuk investasi. Jadi hanya 300 ribu/500 = 600 unit saja

    • Yth, Axa Mandiri
      Kenapa harga unit harian axa mandiri tidak up to date?

      saya tegaskan, saya bukan axa mandiri.
      Harga unit harian dimana yang tidak up to date, setahu saya yang di harian/surat kabar ekonomi cukup update tapi tentu saja harga pada penutupan hari sebelumnya

  26. selamat pagi menjelang siang, mas, saya ingin menjawab atas balasan mas nomor 3 diatas, yang menawari saya itu dari telemaketer axa karna melalui telpon,….dan didalam pembicaraan telpon dia mengatakan ini seperti tabungan dan pada batas waktu usia 65 tahun akan cair dan masuk ke dalam rekening saya lagi, apakah yg seperti itu ada mas?……….kalau sampai hangus seperti yg di katakan diatas kalau tidak ada claim tetap hagus dan hilang begitu saja,,,,,,artinya saya membayar terus dengan sia sia . dan bgm cara agar saya dpt berhenti dari pebayaran yg skrg berjalan karna menurut saya itu jd tdk penting lagi berhubung saya punya asuransi kesehatan dari tempat kerja sendiri,saya mohon jawaban yg pasti dan tdk mengecewakan dari mas yg mengerti.terimakasih…..

    sebaiknya kalau memang mau melanjutkan, bisa saja e-mail resmi ke axa mandiri untuk dicetakkan polis asuransinya. Atau coba ke cabang mandiri terdekat yang ada perwakilan axa mandiri nya dan menanyakan apakah bisa cetak polis asuransinya.
    Kayaknya sesuai penawaran, kalau tidak ada klaim bisa saja kembali 100%. Kalau memang anda tidak mau melanjutkan sampaikan saja melalui e-mail atau seperti saran saya tadi buat surat resmi melalui perwakilan axa mandiri di cabang terdekat untuk tidak melanjutkan

  27. mas saya udh ikt AXA mandiri rencana sejahtera plus slm 1th,, yg sy setorkan 7.2jt/tahun,, skr sdh bjln slm 1th, yg saya mau tanyakan

    1. bs gak klo saya ganti dr mandiri sejahtera ke mandiri investasi?? krn awalny sy mmg ingin investasi tp krn kmrn2 blm mengerti jd diarahin ke axa mandiri sejahtera dan saya iya2 aja…

    2.saya juga mau mengecilkan dana perbulan saya, apakah bisa? jujur aja setelah cr2 tw kok kyknya axa sgt2 merugikan saya, umur saya 25th dan saya sdh pny askes tp malah dsuruh ambil lg utk byr premi asuransi…

    3. di polis tertera nilai premi 5.718jt utk premi dan 1jt utk investasi, apakah saya bs memperbesar nilai investasi jd 3jt dan premi 3jt ?

    4. sebaiknya tutup aja atau di lanjutkan smpai 5th dl br dtutup.. klo utk keuangan saya pny pendapatan cukup utk menutupi slm 5th tsb

    mohon sarannya ya mas

    1. Kalo mengganti produk sepertinya nggak bisa, tapi kalau mengganti besar porsi investasi dan asuransinya seharusnya bisa. Tapi biasanya harus sudah berjalan satu tahun, karena anda memang sudah ikut selama 1 thn harusnya bisa saja. Silakan hubungi FA tempat membuka awal.
    2. Prinsipnya asuransi di axa mandiri kan bisa 2nd claim. Jadi kalau misal anda rawat inap, harusnya bisa klaim ke askes dan ke axa mandiri. Kalau mau mengecilkan seharusnya juga bisa.
    3. porsi asuransi dan investasi bisa dirubah baik lebih kecil atau lebih besar
    4. tergantung kebutuhan anda sendiri, kalau dirasa anda memiliki produk investasi lain yang cukup bisa saja anda tutup. Tapi kalau anda merasa tidak ada salahnya berinvestasi sekaligus berasuransi melalui axa mandiri sebaiknya dilanjutkan saja

  28. Muhammad irfan

    Punteun mas..
    salam kenal.kenalkan sy irfan.sy mau minta pendapat nich boleh ya..sy ada dpt tawaran asuransi+investasi. Kira2 mana yg lebih bgs dan menguntungkan antara pru n axa ya mas? Sy bingung membanding2 kan mana yg terbaik..mohon pendapat nya mas..trims

    Saya nggak boleh kasih tau lebih bagus mana, tapi kalau saran silakan dibandingkan manfaat yang diperoleh dan bandingkan hasil investasi selama satu tahun terakhir.
    Misal Axa Mandiri perlindungan rawat inap sampai 400 ribu per hari dan kalau meninggal dapat 500 juta, sedangkan Pru link menawarkan rawat inap hanya 300 ribu tapi kalau meninggal 700 Juta.
    Mana yang menurut anda lebih bagus?

  29. mas irvan tlng bantu jawab pertanyaan saya, saya inves di aksa 250 rb per bulan sudah hampir 5 tahun, namun saldo di account saya hanya menunjuk sperti ini :
    Untuk Harga Unit
    Dynamic (DMRP) : Rp 707.2241
    Progressif(PMRP) : Rp. 457.0111
    Untuk Jumlah Unit
    Dynamic (DMRP) : 5358.8032
    Progressif(PMRP) : 2768.9855
    ACCOUNT VALUE tanggal 25 Mei 2012 : Rp. 5055331.87
    apakah itu berarti jika saya tutup sekarang saya hanya mendapatkan 5 jutaan? padahal yg saya inves hampir sekitar 15 jutaan, saya mengerti bahwa ada premi disini, tapi apakah mungkin sampai 10 jutaan preminya?
    terima kasih

    Irvan tuh siapa ya??
    Sebenere sih paling gampang tanya aja ke cabang tempat membuka, ke Financial Advisornya atau ke cabang mandiri yang ada perwakilan Axa Mandirinya.
    Kalau dari perhitungan itu sih bener, total investasi baru 5 juta. Mungkin saja kalau premi sampai 10 juta karena setahu saya memang sampai 5 tahun awal itu pembayaran premi ada terus baru tahun ke 6 full investasi

  30. selamat sore mass
    saya senang sekali bisa ketemu blog ini.
    saya mau tanya . saya baru ikutan axa mandiri pendidikan. tapi pada saat dijelaskan sama fa saya kurang faham dan hanya iya iya saja. karena yang saya fahami hanya infestasi saja dan kalau saya tutup buku sewaktu waktu semua dana bisa ditarik. setelah saya baca sana sini ternyata tidak seperti itu ya? karena saya harus bayar asuransi juga.
    1 .yang saya mau tanya apakah bisa saya cancel axa saya.?
    karena polish axa saya juga belum turun

    cancel sih bisa saja, tapi setoran awal bisa dianggap hangus walau polis belum terbit. Apalagi kalau misal anda installment bukan bulanan tapi tahunan

    2. kalau menurut mas harus saya lanjutkan atau stop saja? saya ikut setoran yang 350rb /bulan. dan kalau saya lanjutkan kira kira berapa lama nilai investasi saya bisa sama dengan modal yang sudah saya setorkan setiap bulan.
    terimakasih sebelumnya.

    Terus terang masalah dilanjutkan atau tidak itu terserah anda, kalau memang anda memerlukan adanya alternatif inveatasi yang digabung asuransi saya rasa tidak ada salahnya untuk melanjutkan.
    Kalau berapa lama, seharusnya FA sudah memberikan ilustrasinya di awal sebelum anda memutuskan ikut. Sepengetahuan saya minimal 5 tahun baru premi asuransinya selesai dan nilai investasi sesuai dengan total dana yang dikeluarkan

  31. malam mas, saya mau tanya selain produk axa dan prudential kan ada produk asuransi bumiputra menurut mas keamanan produk asuransi bumiputra ini sudah teruji atau belum,thx atas jawabannya.

    bumiputra termasuk asuransi yang sudah lama di indonesia, jadi kalau masalah teruji haruse sudah ya. Buktinya nggak bangkrut kan sampe sekarang, sebenarnya yang penting adalah cari tahu proteksi yang anda dapatkan dibandingkan premi yang harus dibayarkan. Cari yang paling menguntungkan sesuai dengan kebutuhan anda dan keluarga

  32. Mlm..mau nax mas,sy dan suami jg 2 org ank ikut asuransi axa mandiri,kalau anak yg pertama sdh ikut slma 3 thn..dan ank ke 2,sy dan suami bru 3bln,liat komentar2x sy jd takut.slx sy bru tau kalau terxta ada lbh bsr ptgan asuransi trus ada invest jg..yg sy mau txkn klo anak sy mau skolah di sekolah yg bagus trus bth biaya bxk apa bisa klaim ke asuransix ?ini asuransi axa sbnrx sampai tahun ke brp yh dbyar 500rbu/bln?

    untuk lebih pastinya, anda ikut axa mandiri tujuannya untuk apa? sesuai produknya axa mandiri ini produk yang dikawinkan antara investasi dan asuransi yang biasanya menguntungkan untuk nilai investasi di atas 5 tahun. Tentunya kalau anak anda mau sekolah di tempat yang bagus berapa tahun lagi? Menurut saya axa mandiri bukan produk yang cocok kalau tujuan anda hanya untuk biaya anak sekolah. Tapi kalau anda ikut dengan tujuan sebagai persiapan jika terjadi sesuatu pada anda atau suami anda dan anak2 anda, maka biaya rumah sakit dapat ditanggung sebagian produk axa mandiri ini adalah produk yang tepat.
    Asuransi ini bukan untuk biaya pendidikan lho tapi biaya kesehatan/kematian. Kalau sampai berapa tahun ya tergantung anda sendiri, selama anda masih ikut axa mandiri sampai selama itulah anda membayar 500 ribu per bulan

  33. slamat siang mas, saya tania.
    swaktu sdg ke bank mandiri, saya ditwrin AXA MANDIRI. krna saya pkir buat tabungan aja yg akan menghasilkan bunga lumayan nantinya (5thn ke depan) dan ada proteksi jaminan biaya RS (walau cm biaya kamar saja) jadi saya ambil. lalu saya share ke agen asuransi saya , panin life. saya juga masuk polis asuransi polis panin life, untuk proteksi jiwa dan kesehatan,tpi tetap bernilai investasi. tapi katanya percma saja saya masuk AXA MANDIRI, krna akan jd over premi. lbih baik uang saya cukup tambahkan sedikit ke premi yg di panin life, saya sudah bisa dptkan lbih, drpd saya hrus membuka yg baru lgi di AXA MANDIRI. saya jadi bingung apa saya tetap kekeuh menabung di AXA MANDIRI atau batalin saja dan menambah nilai polis saya dipanin life.
    mohon bantuannya. terimakasih.

    hehehe namanya agen asuransi tentunya pengen kalo premi yang anda bayarkan meningkat. Tentu kalau pertanyaan anda dibalik anda bilang ke petugas AXA Mandiri bahwa anda juga memiliki asuransi di Panin Life, orang Axa Mandiri nya akan bilang buat apa punya dua sekaligus. Mendingan yang disana ditutup terus di full kan ke sini.
    Sebenernya kalau di produk yang anda beli bisa dobel claim yaitu kuitansi tidak harus asli, tentu tidak over premi. Over premi itu misalkan anda sakit kemudian anda mau klaim asuransi pembayaran yang sudah dilakukan, tapi masing-masing Axa M dan Panin life minta kuitansi asli nah RS kan ga mau tuh ngeluarin 2 kuitansi itu yang anda harus pilih salah satu jadi premi satunya kan angus.
    Kalau saran saya sih lihat positif negatif dari masing2 produk berapa besar nilai pertanggungan rumah sakit, kalau meninggal dunia, dan berapa total investasi (perkiraan) setelah 5 tahun.
    Atau jika anda pastikan tidak apa2 dobel claim silakan anda teruskan keduanya

  34. selamat malam mas, maw nanya saya ikut AXA Mandiri Investasi Sejahtera (yg sekali byr), sy ikut investasi 18.750.000. trus sy top up sampe 80an jt.. y g sy maw tanyakan nantinya yg bwt perhitungan pertanggungan yg mana?sy mulai ikut bln nov 2007, trus keuntungan ama kerugian apa dr Dynamic Money rupiah??trimakasih atas jawabannya

    perhitungannya sekarang ya di total 18,75 + 80 juta, tapi investasi awalnya kan 2007. Jadi antara 2007 sampai top up keuntungan (katakan 2%) ya 2% dari 18,75. Tapi misalkan anda top up di tahun 2010 anda top nya 80 juta. Maka mulai tahun 2010 2% * 90,75 juta.
    Dynamic keuntungan kalau saham pas naik banyak tentunya untung banyak, kalau pas turun ya ikut terkoreksi

  35. Yeti kristina tiani

    Saya ibu yeti nasabah axa mandiri dengan no polis 510-13027xx,mau tanya apakah dana saya bisa diambil untuk sementara nanti bln april di kembalikan lg,klo bisa bagaimana cara dan persyaratannya?trima kasih

    halo bu Yeti, sementara saya tegaskan saya bukanlah karyawan axa mandiri dan tidak berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan perusahaan tersebut.
    Mengenai dana bisa diambil sementara, tentu saja bisa saja karena dana tersebut merupakan dana anda sendiri. Tapi, besarnya belum tentu sama dengan total dana yang anda sudah setorkan.
    Syaratnya cukup tunjukkan polis dan ktp di cabang mandiri tempat anda membuka pertama kali

  36. mas saya mau tanya ne, menurut mas jenis ivestasi pa yang paling menguntungkan untuk 10 tahun ke depan.. dari berbagai jenis investasi saya kurang faham,
    saya ingin membuka inves + asuransi di axa mandiri. dengen premi 500 rb/bln. mohon info nya, thanks.

    kalau menurut saya sih investasi di properti, karena dalam 10 tahun ke depan pasti pertumbuhan penduduk tetap tinggi dan orang tetap akan mencari tempat tinggal yang salah satu dari 3 kebutuhan pokok sandang pangan papan. Tapi tentu saja membutuhkan modal yang tidak sedikit dan dana idle yang tidak bisa langsung cair.
    Tapi kalau dana terbatas, solusinya tergantung tujuan anda. Jangka waktu untuk berapa lama, apakah harus bisa cair setiap saat jika dibutuhkan.
    Mengenai axa mandiri merupakan produk bancassurance yaitu campuran antara investasi dan asuransi. Karena campuran jadi manfaatnya setengah2 asuransinya tidak full dan investasinya tidak full juga karena mengcover kedua sisi. Tapi tentu saja akan tetap lebih baik dibandingkan tidak investasi sama sekali, apalagi jika anda memang saat ini belum memiliki produk asuransi murni yang meng cover kesehatan anda

  37. selamat siang pak
    Saya mendapatkan penawaran AXA Mandiri Asuransi mandiri investasi sejahtera plus

    Pada contoh proposal tertulis untuk premi tunggal 15 juta, dengan proyek tingkat pengembangan investasi 17%. Sedangkan alokasi dana untuk attractive money 100%. Disini tertulis asumsinya pada tahun pertama dari 15.000.000 akan menjadi 15.817.000, tahun kedua menjadi 17.962.000, tahun ketiga menjadi 20.435.000, tahun keempat menjadi 23.292.000, dan tahun kelima menjadi 26.598.000 Pertanyaan saya pak
    1. apakah benar hanya dalam 5 tahun bunga yg didapat bisa segitu?
    2. Selain itu penjelasan dari agen ini adalah tabungan jangka panjang dengan bunga tinggi, bukan asuransi plus investasi. Jadi pertanyaan saya lagi kira-kira tepat setelah tahun kelima apakah saya dapat mencairkan seluruh uang saya termasuk yang dipakai untuk premi asuransi? jadi diasumsi sana apa bisa tepat pada tahun ke 5 saya dapat mengambil uang senilai 26.598.000 rupiah tersebut?

    Terima kasih pak, koment-koment dan jawaban sebelumnya sangat mencerahkan

    terima kasih pak Susilo mampir ke blog saya.
    1. Jawabannya bisa benar bisa tidak, karena hal itu adalah proyeksi bisa saja memang tiap tahun perusahaan axa mandiri berinvestasi yang menghasilkan tingkat pengembalian sampai 17 % pa ( per anum / per tahun) tapi bisa juga lebih kecil atau minus.Jadi kesimpulannya tidak ada jaminan secara pasti.
    2. kayaknya yang menjelaskan salah nih, kalau memang murni investasi, seharusnya sifatnya sama seperti tabungan donk. Walaupun anda baru ikut 1 tahun jadi sudah invest 15 juta misal ditarik lagi uang anda full dapat 15 juta juga. Tapi pasti kenyatannya tidak, bisa juga kurang karena sebagian sudah hangus digunakan untuk premi asuransi. Jadi tidak usah menunggu 5 tahun pun anda punya hak untuk mengambil lagi investasi anda, tapi mungkin tidak sebesar nilai investasi. Dan setelah 5 tahun pun belum tentu akan kembali sama misal 15 juta * 5 = 75 juta full anda terima, bisa kurang tapi bisa juga lebih tergantung apakah selama 5 tahun kondisi perekonomian indonesia bagus jadi axa mandiri bisa mengembangkan investasi yang anda masukkan atau tidak. Tapi tentunya perusahaan axa mandiri akan berusaha sekuat tenaga supaya para investornya tidak mengalami kerugian walaupun kemungkinan tetap ada

  38. selamat malam om yudhis, saya minta petunjuk dong. saya punya rencana dalam 8 tahun (96bulan) membangun sebuah rumah seharga 200jt. berarti kurang lebih saya mesti sisihkan pendapatan saya tiap bulan 200jt/96th = 2juta++. saya minta petunjuk kira2 produk apa yang cocok untuk mengamankan rencana saya tersebut ? kalau saya baca permasalahan rekan2 diatas kayakna produk invest+asuransi tidak cocok ya, bisa2 malah uang saya tidak sampai 200jt setelah 8 bulan karena mesti kepotong dana asuransi yang cukup besar. trus seandainya saya mau invest saja minta petunjuk produk apa yang paling cocok buat mengamankan rencana saya tersebut. bisa kirim saran petunjuk om yudhis via email ya.trims

    ya kalau mau aman masukkan saja deposito setiap bulan 2 juta, pas cair nambah 2 juta begitu seterusnya karena kan nggak kena biaya administrasi dan nggak butuh diambil sewaktu2 kayak ATM.
    Harusnya pertanyaannya gini : kalau misal saya cuma bisa investasi 1,5 juta per bulan sedangkan 8 tahun ke depan saya butuh 200 juta. Kira2 investasi apa yang cocok? karena kalaupun anda nabung 1,8 juta per bulan ga akan sampe 200 juta. Nah silakan anda pilih antara deposito, reksadana, unit link atau beli emas

  39. Intinya tidak ada asuransi yang menguntungkan dalam arti kita sama menabung preminya itu buat mereka, investasi buat kita
    tetep saja kita menabung misalnya 500 ribu perbulan itu dipotong lebih 50 persen buat mereka selebihnya punya kita..
    alasannya premi tersebut buat asuransi kesehatan kita..iya kalu kita sakit kalau ngkk,, dananya buat siapa? tentu saja buat axa.

    saya rasa semua asuransi akan sama, tapi siapa yang menjamin kita nggak sakit. Pasti jawabannya sama siapa yang jamin kita sakit. Karena itu asuransi kan memang sifatnya proteksi, dimana semua orang nggak ada yang mau sakit. Tapi maunya saat sakit ada rasa aman bahwa minimal rumah sakit dan obat bisa ditanggung sehingga bisa sembuh dan kembali bekerja.
    Kalau produk unit link setahu saya sih premi hanya dipotong dari setoran selama sekian thaun di awal misal 5-6 tahun. Setelah itu akan full dimasukkan debagai porsi investasi dan tidak membayar asuransi lagi

  40. mas saya ikut axa mandiri, udah 6 bula kok banyak komentar katanya terlalu sulit untuk di kembalikan pa benar ya mas

    nggak kok mas, kan tergantung nasabahnya

  41. mas saya ikut axa mandiri, udah 6 bula kok banyak komentar katanya terlalu sulit untuk di kembalikan pa benar ya mas
    dan misalkan kita mau berhenti sampai 6bulan saja apa uang biosa kembali ya… mohon informasinya ya mass

    nggak kok asal memang kita bilang mau tutup ya bisa saja, tapi ya itu uangnya/dana nya tidak kembali utuh seperti yang kita setorkan karena sebagian besar di awal kan sudah buat bayar premi asuransi

  42. doni kurniawan

    asaalamualaikum mas mau tanya kalau saya masuk 1 juta per bulan di axa mandiri pensiunan itu untuk investasinya maxsimal berapa persen mas misal kan 90 persen investasi 10 persen asuransi atau 100 persen ke investasi semua bisa enggak mas yaa makasihh

    waalaikum salam wr wb,
    setahu saya nggak bisa semua mas, karena kan unit link itu gabungan asuransi dan investasi. Kalau mau full investasi 100% coba produk reksadana saja bisa di cabang-cabang bank terdekat kok belinya

  43. Klu baru masuk 3 bln,saya mau ber henti ikut asuransi axa mandiri,uang saya bisa kembali ga.?

    bisa saja, jangankan 3 bulan. 1 bulan pun bisa. Tapi tentu nilai investasinya tidak maksimal yang kembali. Karena sebagaimana yang saya infokan di atas bahwa sebagian uang anda kan untuk membayar premi asuransi dan dihitung nya akan hangus

    • Halo Mas,
      Mau tumpang tanya juga.
      Saya punya asuransi di Axa Mandiri berusia setahun, dengan premi 25jt dan saat itu langsung top up 74jt.
      Kalau saya mau tutup, apakah yang akan dipotong 80% itu preminya saja, atau nilai top up/investasinya juga dipotong 80%?
      Terima kasih sebelumnya mas.

      masalah dipotong nya berapa itu tergantung perjanjian awal antara anda dengan Axa Mandiri. Jadi tidak otomatis 80%. mengenai yang saya tulis di atas itu hanya sebagai ilustrasi saja.
      Sebetulnya kurang tepat juga sih kalau diinformasikan sebagai dipotong, karena sebenarnya porsi investasi yang hangus adalah sebagian investasi yang digunakan untuk membayar premi asuransi.
      Jika memang top up anda saat distorkan bilang murni untuk menambah nilai investasi, maka tidak akan dipotong untuk pembayaran premi. Sehingga apabila ditutup seharusnya yang dipotong hanya dari investasi yang rutin (misal yang 25 juta). Tetapi kalau memang top up yang 74 juta termasuk sebagian untuk membayar premi tentu kembalinya tidak utuh.
      Hal lain yang perlu dicermati adalah anda ikut produk yang mana, kalau memang investasinya sebagian besar adalah ke saham sedangkan sebagaimana kita tahu saham sedang anjlok dibandingkan dengan awal2 tahun 2013 maka ada kemungkinan juga investasi anda tidak akan kembali full.
      Beda ceritanya jika anda memang benar investasi disalurkan ke saham dan saat ini saham-saham di IHSG/JKSE naik banyak. Maka ada kemungkinan nilai investasi anda meningkat

  44. setiadi nugroho

    Selamat Malam Mas,istri saya ikut axa mandiri rencana sejahtera syariah dengan setoran Rp 350.000 perbulan dengan anak saya sebagai tertanggung sejak usia 1 tahun,mau tanya misalnya dalam waktu 10 tahun tidak ada klaim apakah nilai pertanggungan akan dikembalikan kepada kita?Misal istri sakit apakah juga dapat mengajukan klaim ataukah hanya anak saja yang dapat pertanggungan misalkan sakit?Terimakasih Mas.

    1. Setahu saya yang bisa klaim adalah yang namanya tetanggung saja, dalam hal ini istri anda hanya sebagai pembayar. Beda kalau memang Axa Mandiri atas nama istri anda dan anak sebagai penerima manfaat. Jadi jika terjadi sesuatu dengan istri anda (mohon maaf meninggal dunia) anak anda akan mendapatkan santunan.
    Jadi saya rasa jika istri anda sakit tidak akan mendapatkan penggantian. Tapi hal tersebut dapat anda baca pada polis Axa Mandiri yang anda dapatkan atau silakan tanya lebih jelas ke FA tempat membuka di cabang.
    2. Jika dalam 10 tahun tidak ada klaim, walau sebagian nilai investasi digunakan untuk membayar premi asuransi dan hangus. Saya rasa tentu sebagian lagi akan menghasilkan nilai investsai yang cukup baik untuk menutup yang hangus tersebut.

  45. Salam kenal masss ….
    O ya sy mau tanya ni kira2 bln 4 kmrin sy msk prudential ambil premi 1 thn dan lngsung top up 50jt di unit link syariah equity fund .. dan sy dpt kira2 23 rb unit ,, dan sy tdk perlu byr per bln lg krn sdh top up,, yg mau sy tnya apa dana yg sy top up itu aman?? Bisa berkurang ga?
    Mohon penjelasan nya tqqqq

    • Uhm masalah aman atau tidak sih aman2 saja, karena mereka juga pasti jaga nama baik kan hanya memang tidak jaminan pasti uang kembali 100% karena namanya juga produk asuransi plus investasi

      • O, jd bisa2 dana yg 50jt yg aq top up itu ga bakalan balik lg ya? Aq inves nya 10 thn ke dpn ,,, apa yg mrk buat di ilustrasi itu ga bisa tercapai mas? Malah bisa berkurang ya ?
        Mohon penjelasan nya …..

      • Bisa saja sesuai ilustrasi, tapi bisa juga nggak, bisa juga melebihi ilustrasi. Karena bukan seperti deposito yang bunganya pasti dan dijamin full pengembalian dana investasi 100% plus bunga.

  46. Masss …. mau nanya nich ,,, skrg kan pemrntah AS tuk smntra di tutup ya … apa ada pngaruh nya ga sm prudential? Aq liat hrga unit harian nya jauh banget turun nya .. kalo tutup nya lama apa tdk mbahayakan ya ..tq

    Sebenernya yang tutup kan pemerintah bukan perusahaannya hehehe
    Kalau masalah perusahaan asuransi nya apapun gak masalah sih, kalau harga turun tergantung underlyingnya apa. Apakah saham atau surat berharga, dan memang beberapa bulan belakangan harga saham turun. Untuk tahu lebih jelas, bisa tanyakan langsung ke agen penjualnya

  47. Makasih y atas infonya di atas….
    Saya jadi pengen ikut nanya juga ni….
    Saya ikut Axa mulai tanggal 11 Januari 2011, saya ikut AXA Mandiri Investasi Sejahtera, yang setoran awalx 27juta (Hanya Setoran Tunggal), sdah ndak nambah apa2 lagi sampai sekarang.
    Kemarin saya sempat nanya ke AXA, bisa kalo mau nutup axa nya, tapi klo bsa jangan dlu karna axa lagi turun harga per unit nya.
    Waktu bulan mei 2013 saya ngecek saldo melalui 67888, saldo saya ada 30jutaan. Tapi sekarang saldo saya hanya 25jutaan.
    Pertanyaan Saya, apakah lbh baik saya tutup axa sekarang, ato menunggu waktu naik y dlu y saldo saya?????
    Kalau saya tutup, apakah yang saya terima sesuai dengan saldo yang biasa saya cek melalui 67888????? Atau ada potongan2 lagi y????? Terimakasih…..

    untuk tutup atau tidaknya tergantung kebutuhan anda dan prediksi kedepannya.
    Kalau anda memprediksi harga aset underlying AXA yang anda pilih (saham/surat berharga) kemungkinan turun lagi karena ekonomi yang memburuk ya silakan ditutup begitu juga sebaliknya.
    Untuk besarnya dana yang diterima ketika tutup adalah saat anda datang ke FA tempat membuka dan mendapatkan konfirmasi nilai saat ditutup. Jadi bisa berubah dibanding saat anda telepon. Sedangkan untuk potongan/biaya mohon maaf saya kurang tahu

  48. wah,blog ini sangat membantu saya yg newbie.jadi gni mas,saya ada dana sekitar 50jutaan,,dan mau dipakai sekitar 2 tahun lagi,,dalam rentang waktu 2 tahun menurut anda lebih baik saya masukan axa mandiri investasi sejahtera atau deposto saja ?pada saat ini saya sudah masuk axa mandiri sejahtera denga premi tunggal 50 juta namun belum terima polis krn belum 14 hari kerja,,apakah bisa saya batalkan sebelum 14 hari setelah saya terima polis?tolong pencerahannya mas,,terima kasih sebelumnya,,

    terima kasih, alhamdulillah bisa membantu.
    anda tanya lebih baik masuk mana, tapi sudah dimasukkan ke Axa MIS? Hehehe :)
    Kalau menurut saya sih untuk jangka waktu 2 tahun masih lebih bagus masuk deposito saja. Kalau produk axa lebih baik di hold minimal 5-6 tahun.
    Kalau sudah daftar maka anda sudah terikat walau belum terima polis asuransi dan tidak bisa begitu saja dibatalkan. Kalau pun dibatalkan, setahu saja tidak akan menerima 50 juta lagi tapi tentu ada biaya atau pengurangan tertentu yang bisa ditanyakan saja ke Financial Advisor tempat anda membuka

  49. Selamat Siang,
    Saya mau tanya Pak Yudhis. Saya ikut AXA Mandiri per Februari 2011 dengan 500rb/bulan dengan rencana 10 Tahun. Kan kata FAnya AXA Mas Taufik_Sangatta bisa dicairkan dananya setelah 3 Tahun karena di Bank selalu antri makanya saya telpon AXA Jakarta tgl 13 Feb 2014 dan saya dapat info nilai polisnya Rp. 7.4XX.XXX,,- betapa terkejutnya saya sebagai orang awam yang bekerja siang malam salah hitung kan seharusnya 36X500rb=18jt…saya kira nilai polisnya hampir sama. Baru saya dapat penjelasan bahwa ada pemotongan Asr 80% tahun-1, ke-2=60%, ke-3=30%, ke-4=20%,ke-5=10% dan apa potongan Admin 71rb sekian dan 73rb sekian. Nanti tahun ke 6,dst baru tdk ada potongan premi dasarnya…tp tetap ada pot.admin….W.A.W. Berbeda banget sama ilustrasinya…
    Nah, yang saya mau tanyakan “Apakah saya harus menunggu s/d 6 tahun agar mendapat nilai investasi yang lebih menguntungkan?”…..karena saya sudah merasa rugi 10jt lebihkan…dan takut bertambah besar lossnya….
    Mohon bantu penjelasanya….karena jika dengan sales AXA tetap akan dibagus-baguskan produknya…..

    sudah saya jawab langsung by imel ya?
    jadi intinya memang saat ini obligasi dan saham lagi jatuh makanya seakan berkurang banyak sih. tapi investasi di axa mandiri memang sebaiknya jangka panjang di atas 10 tahun

    • Selamat pagi bu titi, sebenernya axa atau produk bancassurance lain bisa langsung dicairkan walau baru ikut 1 hari. Tetapi sebaiknya jangan kurang dari 5 tahun karena memang untuk 5 tahun awal masih beaar potongan premi asuransinya.
      Seharusnya dijelaskan di awal bahwa produk ini bukan tabungan. Jadi sebagian untuk investasi dan sebagian lagi untuk bayar premi asuransi. Sehingga seperti asuransi umumnya biaya premi yang dibayar hangus karena kita mendapat proteksi jika sakit atau meninggal dunia.
      Investasi tentu tidak bisa dikatakan selalu untung bisa saja rugi. Jadi memang tidak ada jaminan apakah setelah 6 tahun atau 10 tahun hasil dari axa mandiri akan lebih besar atau minimal sama dibanding nilai yang anda setorkan tiap bulan.
      Tapi sebaliknya bisa saja ternyata ekonomi indonesia sangat bagus dan hasil investasi anda jadi 2x lipat setelah 10 tahun.
      Jadi memang investasi dilakukan pada produk sesuai dengan tujuannya dan jangka waktu. Jika memang jangka waktu investasi kurang dari 5 tahun maka masukkan saja pada deposito. Tapi jika rencananya memang lebih darinitu produk seperti reksadana atau bancassurance axa mandiri ini bisa jadi alternatif

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 261 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: