Tempat Wisata Air Panas Guci Indonesia dan Makanan Khas – Waroeng Tegal™


Tempat Pemandian Air Panas Guci

1. Lokasi dan Asal usul

Kalo ada yang mau berlibur ke Provinsi Jawa Tengah Kabupaten Tegal tepatnya, sedikit ke arah Selatan terdapat tempat wisata pemandian air panas yang namanya guci. Termasuk ke dalam kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal tempat ini dapat dijangkau dengan mudah.

Kalau dari arah Jakarta kita bias menggunakan kereta api atau bus dan turun di Kota Tegal. Setelah itu menggunakan angkutan arah bumi jawa dengan bus kecil (biasa disebut tuyul oleh warga setempat). Dan dilanjutkan dengan angkutan yang khusus ke obyek wisata ini,

Atau dari arah Semarang juga silakan ke arah terminal Tegal dulu.

Berada di kaki gunung Slamet dengan kondisi tempat yang berhawa dingin. Air terjun tersebut konon berasal dari wali yang menancapkan tongkatnya ke tanah untuk mencrari ai

2. Khasiat

Tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan karena tempat pemandiannya dijamin seger banget. Ada yang berkata kalau mandi sekali di tempat pemandian tersebut umur tampak berkurang 10 tahun lho. Jadi kalo umur 53 mandi 5 kali jadi bayi. :)

Air yang dikeluarkan pada mata air ini adalah air hangat, walaupun mengandung belerang tapi tidak berbau menyengat dan berwarna. Karena airnya hangat dan mengandung belerang jadi kalau berendam serasa dipijat-pijat seluruh badan.

3. Fasilitas dan Pemandangan

Di sekitar tempat pemandian ini ada Hotel Guci Garden Hotel (0283-41283) dan beberapa Villa yang dapat disewa dengan fasilitas yang lumayan lengkap. Harganya relatif tidak terlalu mahal, standar untuk sewa unit villa.

Untuk daerah wisata ini selain terkenal dengan pemandiannya juga makanan manisan pepaya berwarna-warni dan buah ciremai (manisan juga).

Karena wilayah ini cukup dingin jadi banyak digunakan sebagai perkebunan. Komoditas utama yang ada di sini adalah teh. Slawi juga terkenal dengan kota teh karena banyaknya pabrik teh (Tong Tji, Sosro, Gopek, 2 Tang, dll) di sini.

4. Foto-foto

Indonesia tourism-Guci
Pbas-Guci

Di web tersebut ada foto2 beserta beberapa komentar dari orang2 yang sudah ke sana. Kalau para blogger sempat ke sana silakan berkomentar ya

5. Makanan

Makanan khas di sini tentunya yang anget2

seperti sate kambing muda (empuk banget lho), gorengan tempe (mendoan), tahu

dimakan pake cabe rawit hmmmm

minumannya pasti teh poci (bukan merk) tapi asli teh tubruk yaitu daun teh dimasukkan ke dalam poci tanah liat terus diseduh pake air panas mendidih. Rasa yang sepet dan bau melati yang wangi enaknya

Kalo untuk makanan kecil, seperti di tempat2 lain ada kerupuk anthor (kerupuk yang digoreng pakai pasir), dan snack2 ringan khas jajanan pasar

Selain itu yang khas adalah manisan seperti manisan pepaya berwarna-warni dan manisan buah ciremai yang super manis.



Jakarta, 21 April 2010 – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) mengembangkan lebih lanjut program poin reward yang telah sukses diselenggarakan tahun 2009, dengan mengikutsertakan tidak hanya pelanggan telepon rumah tetapi juga pelanggan Flexi, Speedy dan yes TV. Direktur Konsumer Telkom, I Nyoman G. Wiryanata, Rabu (21/4) secara resmi meluncurkan Program yang bernama Telkom Poin Rejeki Tumpah (TPRT) tersebut di Jakarta (21/4).

Vice President Public and Marketing Communication Telkom, Eddy Kurnia mengatakan TPRT merupakan bagian dari program membangun kesetiaan (loyalty) bagi seluruh pelanggan yang menggunakan produk PSTN (Telepon Rumah) segmen Personal Line, Pelanggan Speedy, Pelanggan yesTV, dan Pelanggan PSTN yang mengakses portal e-Commerce http://www.plasa.com melalui mekanisme pengumpulan Poin.

Peserta program ini adalah pelanggan PSTN Telkom yang aktif, tanpa tunggakan, pelanggan Speedy, pelanggan yesTV, pelanggan program PTT (Paket Tagihan Tetap), baik yang existing maupun baru. Lebih jauh Eddy Kurnia menjelaskan, Poin yang diperoleh pelanggan akan lebih besar bilamana pelanggan tersebut merupakan Pelanggan PSTN yang menjadi Pelanggan Speedy (Pascabayar), Pelanggan PSTN yang menjadi Pelanggan yesTV, Pelanggan PSTN yang berlangganan Program PTT, Pelanggan Speedy (Pascabayar) yang mengakses Portal Telkom.

Benefit Program TPRT yang akan diperoleh pelanggan adalah Redeem Poin ataupun menukarkan Poin yang dimiliki Pelanggan poin dapat dengan hadiah langsung yang tersedia sesuai dengan jumlah poin tertentu, atau benefit tidak langsung berupa Undian Berhadiah yang akan dilakukan pada periode-periode yang ditentukan yaitu 3 bulanan dan 6 bulanan serta hadiah Grand Prize yang disediakan di akhir periode. “Artinya pelanggan memiliki peluang untuk menang berkali-kali,” tandas Eddy Kurnia. Hadiah langsung yang disediakan berupa Voucher Belanja dan Voucher Wisata.

Bagi pelanggan yang memilih untuk mengikuti undian, telah disediakan hadiah-hadiah sebagai berikut:

• Mobil Suzuki Swift untuk Hadiah 6 bulanan.
• Mobil Suzuki APV untuk Hadiah 3 bulanan.
• Mobil MERCEDES C Class untuk Hadiah Grandprize di akhir periode.
• Laptop untuk Hadiah 3 bulanan.
• TV LCD 32” untuk Hadiah 3 bulanan.
• Pesawat Cordless Panasonic untuk Hadiah 3 bulanan.

Untuk mengikuti program TPRT, pelanggan telepon rumah, Speedy, dan yesTV harus melakukan registrasi, caranya sangat mudah tinggal menghubungi Contact Center Telkom di telepon 147, Plasa Telkom atau akses ke website http://www.telkomspeedy.com, http://www.plasa.com dan http://www.telko.co.id

Tentang iklan-iklan ini

About yudhisti

Treasury Dealer - One of The Biggest Bank in Indonesia

Posted on 19 Agustus 2008, in My Self and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. Air hangat yang mengandung belerang, tapi tetap jernih dan tidak berbau. Berkhasiat menyembuhkan segala macam penyakit kulit, rematik, struk (untuk terapi). Tapi bagi yang punya masalah dengan jantung anda, mandinya jangan lama-lama, maks. 15 menit.

    Ada jagung bakar juga lho…..

    Sayang namanya tercemar akibat ulah orang-orang “nakal” yang suka bermesum ria di wisata alam Guci.

  2. pertama kalinya ke guci saya berpikir kalo guci itu tmpat yang punya nilai plus ternyata betuk juga begitu sampai di pintu gerbang daku sueneng buanget ternyata guci tempatnya indah, alami sejuk asri.Tp begitu masuk ke pemandiannya ternyata di luar dugaan, ga jauh besa dengan objek wisata yang laen yaitu sama-sama kurang terawat.btw q tetep cinta ko sama guci apa air panasnya uito lohhh sueger tenan.

    setuju mas rizqi, tapi saya sendiri sudah lama nggak ke guci lagi
    kapan2 kalo sempet janjian yuk bareng2 mas hehe

  3. Aku dah pernah kesana karena kebetulan ada kerabat yang tinggal didekat tempat wisata guci. Wiiiiiiiihhh…indah buanget meski dah berkali-kali ga akan bosen deh dan emang bener kalo habis berendam disana badan jadi enak pegel-pegel ilang semua, tidur nyenyak but sekarang aku lagi di aceh nih kangen banget pengen kesana lagi and makan stawberry banyak-banyak….

    setuju sekali, kalau anda berencana ke sana lagi mungkin bisa mampir ke rumah saya
    karena kebetulan rute menuju ke sana melewati rumah saya.
    sayangnya saat ini saya sedang berada di palembang, tapi orang tua saya pasti akan dengan senang hati menyambut anda.
    Oya kalau berencana main ke palembang silakan kabari, siapa tahu saya bisa menemani berkeliling

  4. lebaran besok saya, suami dan si kecil (4 tahun) berencana cuti panjang, dari jawa timur pulang ke Jakarta pake acara mampir-mampir dulu (sekalian berwisata). Pilihannya Guci atau Batu Raden.
    Ada saran gak ya, mending ke Guci atau ke Baturaden? plus minusnya apa ya? Terima kasih.

    Dua tempat ini berada di kaki gunung, jadi tempatnya agak dingin. Jadi saran saya jangan lupa bawa jaket dan selimut terutama untuk si kecil.
    Untuk objek wisatanya sendiri agak berbeda, kalau di Guci anda akan menemukan pemandian air panas baik yang terbuka maupun yang tertutup.
    Terdapat hotel yang dilengkapi dengan kolam renang serta villa yang dapat disewa yang berada di sekitar tempat tersebut untuk menginap.
    Untuk makanan sendiri yang terkenal di sini adalah sate kambing balibul (bawah lima bulan) dimana dagingnya sangat empuk dan tulangnya bisa dimakan
    karena kambing yang disembelih sangat muda beserta minumannya teh poci dengan gula batu.

    Untuk Baturaden, objek wisata utamanya adalah pancuran pitu (tujuh) atau semacam air terjun kecil, untuk info lebih lengkap :
    disini
    Terdapat tujuh pancuran yang letaknya semakin tinggi, lumayan dibutuhkan stamina untuk sampai ke pancuran terakhir
    Dari pancuran satu sampai dengan tiga relatif mudah untuk dicapai, sedangkan untuk sampai ke pancuran tujuh jalan yang dilalui agak sulit.
    Namun di sepanjang jalur untuk menuju ke pancuran ke tujuh terdapat berbagai warung kecil untuk sekedar melepas lelah sejenak sambil makan makanan kecil
    atau minum.
    Yang unik adalah terdapat jasa pijat maupun lulur belerang yang lumayan enak apalagi setelah perjalanan yang menguras tenaga

    Jadi saran saya adalah apabila tidak terlalu ingin capek dapat memilih ke Guci, namun ada baiknya anda melakukan pemesanan dari sekarang untuk hotel di sana terutama karena musim lebaran biasanya agak penuh untuk penginapan

  5. Kalo boleh tau, kisaran berapa harga kamar hotel/vila-nya di Guci yach? Ada rencana mau kesana nih. Thanks.

    Untuk villa, kisaran harga 150 ribu – 450 ribu tergantung fasilitas (Air hangat, dapur, jumlah kamar tidur)
    Untuk hotel antara 200-350 ribu per kamar

  6. Mas Yudhis, saran anda mending di Vila atau di Hotel Guci Garden untuk 2 orang saja. Terima kasih banyak.

    kalau hanya 2 orang, apalagi kalau bisa 1 kamar saran saya lebih baik di hotel
    karena fasilitas lebih memadai (kolam renang, makan, dll)

  7. ada referensi nggak, hotel apa yg murah tp nyaman dan aman jg paling dekat ke arena wisata guci

    Kalo saran saya hotel paling sesuai adalah Guci Garden Hotel, selengkapnya :
    Hotel Guci Garden
    Jl. Obyek Wisata Guci
    Phone: (0283) 41283
    Fax : (0283) 42007
    Rooms: 40 (terbatas)
    Setahu saya kalau peak season sangat ramai dan full booked

  8. Mas, no telpon Guci Garden Hotel kok tulalit ya..
    Saya rencana mau kesana.
    Punya no telpon yang valid ? Atau alternatif hotel lainnya ?
    Thanks..

    maaf, saya tidak punya nomor lain.
    Khusus untuk alternatifnya di sepanjang jalan menuju ke objek wisata banyak villa, biasanya
    sudah tertulis fasilitasnya. Saya akan mencoba mencari nomor teleponnya.

  9. Mas, berapa lama waktu yang dibutuhkan bila naik mobil dari guci ke baturaden? kalau tdk lama dan tidak jauh jaraknya, lebih enak nginap di baturaden atau guci ? dan harga hotelnya lebih murah di guci atau baturaden? terimakasih.

    sekitar 1 – 1,5 jam dari Guci ke baturaden, apabila long weekend biasanya jalannya suka macet karena banyak yang mau liburan ke sana.
    Kalau untuk menginap saya belum pernah di baturaden, jadi tidak bisa membuat perbandingan. Tapi mungkin sama saja enaknya karena
    keduanya kan termasuk pegunungan jadi dingin….

  10. Mas dr cilacap ke guci berapa lama? Kita mau pake motor trus ada petunjuk jalannya ga? Kalo villa yg aman & bagus berapa no telpnya. Thank ya

    Kalau dari cilacap sampai ke Bumijawa nya sekitar 2,5 jam
    terus ke arah Gucinya tergantung macet atau tidak biasanya memakan waktu sekitar 1 jam lagi
    Kalau petunjuk Jalan ada kok tapi bukan Guci, melainkan Slawi dulu
    begitu sampai ke Kecamatan Bumijawa/Bojong kalau bingung silakan tanya orang saja. Orang2 sekitar pasti akan dengan senang hati untuk menunjukkan
    Kalau penginapan villa mohon maaf saya tidak ada kontak langsungnya, tapi kalau hotel silakan ke Hotel Guci Garden saja

  11. walau dah lama banget tidak ada yang bales, saya mau lurusin beritanya….
    pantesan tidak bisa dihubungi lha wong no telpny a kebalik- balik….;p
    Ini yang bener ya untuk no telp hotel Guci Garden: 0283-41283.

    Terima kasih atas koreksinya, mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan sehingga tidak dapat
    dihubungi

    • Saya mau booking untuk bulan des 2010 tp kok no yang dihubungi tidak ada yang mengangkat ya…brp no telp yang bisa dihubungi?

      mohon maaf saya hanya memiliki nomor telepon itu, mungkin bisa dicoba kembali

      • mb Sinta,

        Saya Mei 2008 menginap di hotel guci garden. Ada yang tipe villa dan ada hotel. berikut no telp :02833336777. Di depannya ada patung teh botol besar sekali.
        Hotelnya bagus, berish. Saya ambil tipe vila dengan 2 kamar. Ada kolam renang dengan air panas alami yang besar dan sangat nyaman.
        Semoga membantu.

        tku sharing informasinya semoga bermanfaat buat Mbak shinta juga yang lain

  12. Untuk skrg saat weekend rate room Hotel Guci Garden brp ya?
    Trus tiket masuk Guci ada gk ya? Tq ats infox

    setahu saya rate masih berkisar 200-300 ribu per malam
    untuk harga tiket masuk saya tidak terupdate, mohon maaf

  13. O ya tnya lg nih, klo sy bw romb pake bus besar 50 seat, ntr klo msk Guci bs gk ya?

    ada baiknya sebelum kedatangan, sudah membook penginapan terlebih dahulu karena anda rombongan
    untuk masuk bisa saja tidak dibatasi kok

  14. harga sewa villa keluarga berapa kisarannya teman2….

    biasanya antara 200-300ribu per hari

  15. Memang mantab guci dari dulu semasih muda aq uda beberapa kali mampir , bila aq ke jakarta
    RUMAH AQ SURABAYA LHO , Terutama sate kambing nya , aq punya kenangan UNIK .
    Sekitar 15th yang lalu penyakit ambeien /wasir kumat , pas mau ke jakarta mampir di guci , jengkel gak sembuh2 aq MAKAN SATE KAMBING SAMPE 20 tusuk. biar sekalian banjir .
    EEHH ANEH MALAH JADI SEMBUH , SEJAK SAAT ITU KALO WASIR KUMAT CARI SATE .
    NI SEKARANG LAGI RINDU SATE GUCI, 28/12/11 AQ MAMPIR GUCI LAGI.
    Soalnya ada meting di Bandung tgl 30/12/11

  16. Dulu buat tahun baruan masih lega kalo ke Guci.. kalo sekarang 1 hari sebelum tahun baru musti sudah ke sana… Guci jadi favorit ku bersama keluarga setiap ahir tahun… apa lagi ada Sate Non kolesterol Alias Sate kelinci… berendam dari malam sampe pagi OK langsung minum teh anget + gorengan… Muantab.. Sayang penginapannya tidak seperti di lembang yang rate room stabil dan kenaikan pada weekend tidak jauh dari hari biasa.. Semoga fasilitas makin di perhatikan oleh Pemda setempat..

    setujuuuuuu, tapi ya itu macet banget kalo kesana hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 261 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: