Pesan Tiket Kereta Api Online 2011 – Waroeng Tegal™



mudik 2012

di tahun 2012 ritual kembali dilakukan apalagi kalo seperti nama judul blog ini, mudik ke kampung halaman Moda transportasinya pun sama menggunakan kereta api. Bedanya tahun ini karena kehabisan tiket yang ke tegal maupun yang lewat tegal yang jurusan semarang atau suraba ya. Jadilah pesan tiket cirebon ekspress yang cuma sampai ke cirebon. Pengalaman yang paling berbeda dengan naik kereta sebelum sebelumnya adalah tidak ada lagi tiket berdiri untuk semua kelas baik ekonomi bisnis maupun eksekutif. Tentunya hal ini sangat menambah kenyamanan para penumpang seperti saya. Sebelumnya walau saya sudah dapet karcis dengan nomor tempat duduk, terkadang tetap saja kursi sudah ditempatinorang atau malah memaksakan untuk duduk bertiga. Mau ngusir juga tidak enak, belum lagi kalau banyak yang langsung gelar koran di bawah. Jadi mau selonjorin kaki saja susahnya… Di mudik kali ini, sebagaimana telah diinformasikan di atas, saya menggunakan cirebon ekspress tujuan cirebon. Kertanya nyaman dan berac karena tiket yang saya wbeli adalah eksekutif. Selain itu tirai juga baru, penutupnkursi juga bersih Ada colokan buat listrik yang tentunya akan saya coba

mudik 2011

Akhirnya bulan puasa di depan mata, yang berarti kita juga akan merayakan Lebaran. Lebaran juga berarti mudik, nah seperti sebagian besar masyarakat Indonesia saya juga ikutan mudik.

Cuma karena seperti nama blog ini saya mudik ke Tegal dan alternatifnya cuma bus atau kereta (tidak ada pesawat… kapan ya ada pesawat ke Tegal hehehe) selain kendaraan pribadi yang saya nggak punya plus cape nyetir sendiri maka alternatif paling menyenangkan adalah menggunakan kereta. Jadi saya sharing saja cara pesan tiket KA online 2011 yang kabarnya sudah bisa 40 hari sebelum keberangkatan (mulai kemarin 18 Juli 2011) sudah rame untuk hari pertama cuti bersama :

Pemesanan Tiket

Untuk KA Komersial ( Eksekutif dan Bisnis )
A. Penjualan dan pemesanan di Loket stasiun PT. KA.
  1. Penjualan melalui loket di stasiun dilayani atau dibuka mulai 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Untuk pemesanan tiket, dilayani mulai 30 hari sampai dengan 3 jam sebelum keberangkatan.
  3. Pembayaran tiket sesuai dengan tarif KA yang bersangkutan.
B. Pemesanan lewat Pusat Reservasi
  1. Pembelian atau pemesanan tiket KA dilayani mulai dari 30 hari sampai dengan jam sebelum keberangkatan KA yang dimaksud.
  2. Calon bisa datang langsung untuk memesan tiket dengan membayar sesuai tarif dan yang bersangkutan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
C. Penjualan lewat Agen
  1. Penjualan lewat agen ini dilayani mulai dari 30 hari – 1 hari sebelum keberangkatan KA yang dimaksud
  2. Calon penumpang bisa datang langsung untuk membeli tiket dengan membayar sebesar tarif plus ekstra charge dan bisa langsung memperoleh tiket yang diinginkan.
  3. Penjualan lewat agen ini hanya melayani penjualan tiket KA untuk penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
D. Penjualan lewat Call Center
  1. Penjualan atau pemesanan melalui sistem ini dilakukan di Call Center KA melalui nomor panggilan 121 dan 021 – 21391121.
  2. Setelah itu penumpang akan mendapatkan kode booking / kode bayar yang selanjutnya penumpang dapat melakukan pembayaran lewat e-banking.
  3. Untuk saat ini bank yang bisa melayani adalah ATM Bank Mandiri, Bank BII, Bank BRI, Bank Pembangunan Daerah (BPD) Jawa Tengah dan OCBC NISP.
  4. Pembayaran dilakukan maksimal 3 (tiga) jam setelah mendapatkan kode booking.
  5. Resi pembayaran ATM kemudian ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online.
  6. Pemesanan tiket dianggap batal jika pembayaran melalui ATM tidak dilakukan dalam periode waktu 3 jam tersebut.
  7. Pemesanan tiket lewat Call Center ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 1 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  8. Pemesanan tiket tersebut hanya untuk tiket dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
E. Penjualan lewat loket PT. POS
  1. Penjualan dengan sistem ini dilayani mulai 30 hari sampai dengan 2 hari sebelum keberangkatan KA yang bersangkutan.
  2. Pemesanan / penjualan dengan sistem ini dilayani di loket kantor Pos yang sudah online.
  3. Dalam pemesanan / penjualan tiket dengan sistem ini, calon penumpang bisa langsung membayar tiket KA sebesar tarif plus ekstra charge.
  4. Kemudian calon penumpang memperoleh resi atau bukti pembayaran yang oleh calon penumpang akan digunakan untuk menukarkan tiket di stasiun.
  5. Pada resi yang diberikan oleh PT. POS ini sudah ada informasi mengenai KA, tanggal keberangkatan, al dan tujuan, dan juga ada informasi kode booking / kode bayar yang akan dipakai stasiun untuk mencetak tiket.
  6. Pemesanan / pembelian tiket KA melalui sistem ini juga hanya melayani penumpang dewasa dan anak tanpa pelayanan reduksi.
Cuma sayangnya saya berapa kali mencoba telepon call center kok ya nggak ada yang angkat atau selalu sibuk. Padahal saya juga mencoba jam 4 pagi (apa justru belum ada karyawan call center KA yang jaga ya), padahal setahu saya namanya call center justru dibutuhkan 24 jam. Kalau melalui indomaret dan pos saya belum coba, mungkin yang sempat mampir blog saya bisa sharing ….
About these ads

About yudhisti

Treasury Dealer - One of The Biggest Bank in Indonesia

Posted on 19 Juli 2011, in My Self and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. memang kebijakan Statiun KA tentang pemesanan tiket jauh lebih baik, namun saya lihat dan pengalaman saya kemarin tanggal 1 Oktober 2011. sungguh berbeda dengan apa yang diharapkan. saya sudah datang 4 jm sebelum keberangkatna kereta yang saya akan naiki. eh, ternyata sudah habis kata satpam dan saya coba cek di loket penjualan eh yang saya lihat malah loket pemesanan tertutup. Kesal juga dengan kenyataan ini. Belum puas melihat kejadian ini saya cek kebenaran info tersebut eh ternyata apa yang kudapatkan ternyata sama kosong tiketnya.
    Namun setelah saya duduk di warung di statiun poncol, secara tidak sengaja saya ketemu calo tiket sedang menawarkan jasanya. dengan iseng saya rekam peristiwa tersebut. Secara tak terduga ternyata calo tersebut bekerja sama dengan petugas tiketing di statiun tersebut.

    kalo ketemu kayak gitu, lebih baik laporkan saja ke petugas tiketing setempat atau buat surat pembaca aja. Saya rasa, masih ada petugas atau petinggi di PT. KAI yang baik dan semoga membaca tulisan ini sehingga mau memperbaiki diri.

  2. Selasa tanggal 20 desember 2011 saya coba pesan tiket untuk keberangkatan tanggal 21 desember 2011, tapi apa yang saya dapati jawaban dengan ketus tiket habis. Tetapi disitu juga terpampang tulisan tiket tanggal 21,22, dan 24 telah habis, hal lain yang saya heran tiket tersedia untuk pembelian langsung di tanggal 21 desember 2011 dan coba konfirmasi ke mbak penjaga yang “baik” apakah tiket yang tersedia hanya untuk pembelian langsung dengan wajah yang sama dia jawab ia yang jadi pertanyaan kenapa yang antri satu hari sebelum keberangakatan tidak diberikan tiket sementara saya baca di situs kereta api tiket dapat dipesan 3 jam sebelum keberangkatan, sebagai saran juga apakah mahal untuk senyum dan penjelasan kepada pelanggan? -stasiun kereta api tegal-

    tanggal 18 Desember 2011 kemarin saya juga berencana untuk kembali ke Jakarta menggunakan kereta, tapi karena rumah saya di Slawi. jadi saya beli di stasiun Slawi. Semua kereta ternyata habis tidak ada kursi tersisa baik bisnis maupun eksekutif.
    Kemudian saya tanya untuk tanggal 19 Desember bagaimana? Ternyata untuk paling pagi ada kereta Cirebon ekspress (Cireks) jam 6 dan bisa dipesan.
    Kemudian saya iseng ke stasiun tegal untuk tanya hal yang sama, ternyata memang online jadi semua sama.
    menurut saya, mungkin petugasnya yang salah dan kebetulan anda mendapat yang agak menjengkelkan.
    Tapi terima kasiih untuk sharingnya

  3. lebih baik tiket KAI di jual pada saat hari H kebearngkatan jadi bisa meminimal kan TIDAK ADA nya CALO yang borong tiket, kemudian di jual dg harga semau dia

    setau saya sudah sangat jarang calo di stasiun deh… lagian kalo ketangkep udah semakin tegas
    Kalo saya sih lebih setuju dengan tiket yang dijual jauh hari. Kan ga semua orang bisa tepat waktu ke stasiun, kasian yang ga setiap saat bisa beli ke stasiun dan buru2
    dah gitu toh tiket pesawat juga bisa online kan

  4. Pusat Mesin Antrian

    alangkah baiknya jika loket penjualan karcis KA menggunakan mesin antrian, sehingga konsumen bisa antri sambil duduk di tempat yang telah disediakan. Selamat tinggal antrian panjaang…daaa…Calo…

  5. Indonesia mmg seperti ini rasanya ya. petugas2 spt itu dan calo2 gk ada yang beres. tidak malu dengan orang luar negri spt malaysia dan singapore dan bangkok sudah mulai membaik juga pemerintahan dan orang2nya. gak maju indonesia. akan menjadi negara sampah pasti. sebel gue jadinya, tlp PT. KAI dari jam 4 sore sampek jam stgh 6 mlm selalu sibuk call centernya.

    hmmm coba saja ke indomaret buat beli tiket atau online. Saya beli online lho pakai internet di webnya langsung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 261 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: